Whiskey vs Whisky: Apa Bedanya? Bagaimana dengan Scotch, Bourbon, atau Rye?

Koridor.co.id

Whiskey atau Whisky?

Anda mungkin pernah mendengar lagu ‘Whiskey in the Jar‘ yang merupakan lagu tradisional yang terkenal; Atau mungkin pikiran Anda langsung teringat pada kalimat ‘Whisky in the Jar‘? Apa sebenarnya perbedaan antara kata whiskey dan whisky? Sementara kita membicarakannya, peran apa yang dimainkan Scotch, Bourbon, dan Rye dalam gambaran yang lebih besar? Sebagai pengantar, mereka semua adalah varietas wiski yang berbeda.

Dalam arti luas, whiskey (atau whisky) merujuk ke salah satu dari beberapa jenis minuman keras hasil sulingan yang berbeda, berasal dari tumbukan biji-bijian sereal yang difermentasi dan disimpan dalam wadah kayu (sebagian besar wadah ini terbuat dari kayu ek). Jagung, barley malt, dan rye (gandum hitam) adalah beberapa contoh biji-bijian yang umum digunakan. Jadi, apa sebenarnya yang membedakan minuman ini dengan yang lainnya? Penjelasan singkatnya, nama tersebut berasal dari aspek-aspek tertentu seperti jenis biji-bijian sereal yang digunakan dalam proses penyulingan, cara pembuatannya dan lokasi pembuatannya.

Lalu mengapa Anda melihat ejaan yang berbeda untuk minuman beralkohol tersebut? whiskey dan whisky. Ini bukanlah salah ketik atau kesalahan ejaan. Di Irlandia dan AS, wiski biasanya dieja “whiskey” (dengan huruf e). Di beberapa negara lain, termasuk Skotlandia dan Kanada (keduanya merupakan negara penghasil wiski yang cukup terkenal), minuman ini dieja “whisky” tanpa huruf E.

Secara umum, wiski bisa dikategorikan menjadi dua jenis; straight dan blended. Straight whiskey adalah wiski yang belum dicampur apa pun, atau hanya dicampur dengan wiski lain yang diproduksi oleh penyuling yang sama, selama periode penyulingan yang sama. Sebaliknya, blended whiskey (wiski campuran) dapat berisi berbagai macam kombinasi produk wiski yang diproduksi oleh berbagai penyuling dan selama periode penyulingan, ditambahkan perasa lain seperti jus buah. Straight whiskey cenderung memiliki rasa yang lebih kuat daripada blended whiskey yang cenderung memiliki rasa yang lebih lembut secara keseluruhan.

Biji-bijian, terutama jelai, dihaluskan dan kemudian dipanaskan di atas api hasil pembakaran gambut untuk menghasilkan Scotch (sejenis whisky yang dieja tanpa huruf e). Scotch mendapatkan rasa khas dari metode pembuatannya. Ada sebuah undang-undang yang berlaku di Inggris Raya, mengatur definisi berbagai kategori Whisky Scotch serta pemasarannya. Undang-undang ini mengurai peraturan produksi dan menetapkan bahwa wiski tidak dapat disebut Scotch kecuali jika diproduksi seluruhnya di Skotlandia dan dikemas di sana.

Produksi bourbon, sejenis wiski yang dipelopori negara bagian Kentucky di Amerika Serikat, mengharuskan setidaknya 51% adonan berasal dari jagung. Selain itu, menggunakan proses yang dikenal sebagai tumbukan kecut. Tumbukan yang difermentasi dengan ragi tersebut, kemudian ditambah tumbukan kecut lain yang telah difermentasi sebelumnya. Menurut peraturan yang berlaku di Amerika Serikat, agar wiski bisa diberi nama bourbon, wiski harus diproduksi sepenuhnya di Amerika Serikat. Selain itu ada juga peraturan yang menentukan komponen serta metode yang digunakan dalam pembuatannya.

Dan bagaimana dengan rye whiskey? Itu adalah wiski yang menggunakan tumbukan gandum hitam kecut. Tepatnya, gandum hitam yang ditambah tumbukan kecut lainnya. Gandum hitam dan malt biasanya digunakan untuk menghasilkan wiski jenis ini. Namun agar wiski bisa disebut sebagai rye whiskey atau wiski gandum hitam di Amerika Serikat, adonan harus mengandung setidaknya 51% gandum hitam. Di Kanada, jumlah minimum gandum yang harus disertakan tidak ditentukan.

Jika Anda bertanya kepada ahli wiski, mereka akan memberi tahu Anda bahwa ada aspek dan nuansa tambahan yang perlu dipertimbangkan selain yang telah disebutkan di atas. Termasuk jenis air yang digunakan untuk menghasilkan minuman keras ini, lamanya waktu tumbukan dipanaskan, campuran yang digunakan, dan sebagainya. Tulisan ini hanya sekedar pengantar singkat, tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Lalu, apa persisnya yang ada di dalam stoples pada lagu tersebut? Kemungkinan besar yang dimaksud adalah whiskey, mengingat lagu yang dimaksud adalah lagu rakyat tradisional Irlandia. Whiskey dengan huruf E.

*** disadur dari tulisan ringan di Britannica.

Artikel Terkait

Terkini