Tip Melamar Seseorang

0
344

Jakarta, Koridor.co.id – Seperti kata pepatah, waktu adalah segalanya! Melamar pada waktu yang tepat akan membuat momen itu semakin terasa magis dan membuat Anda tidak terlalu gugup.

Suatu ketika, Anda menemukan the special one, orang yang akan menjadi pendamping hidup Anda hingga ajal tiba. Bagian tersulit hampir selesai. Untuk menghormati dan menunjukkan keseriusan calon pasangan hidup, Anda harus melamarnya dengan cara yang terasa bermakna, istimewa, dan otentik. Jika berniat melamar saat makan malam, Anda mungkin bertanya-tanya, haruskah saya melamar sebelum atau sesudah makan malam?

“Cincin sering menjadi titik fokus lamaran, tetapi bagaimana dan kapan Anda mempresentasikannya dapat membuat atau menghancurkan suasana lamaran tersebut. Selama 27 tahun kami berkecimpung di industri ini, kami telah berpartisipasi, terlibat dan menyaksikan segala hal,” kata Carrie Speed, istri Grant dan salah satu pemilik Jewelfire Diamonds, toko cincin pertunangan di Colorado, Amerika Serikat.

Ucapan Carrie itu layak menjadi pertimbangan yang bagus. Jika berencana melamar saat makan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

Donnie Brown, seorang perencana pernikahan selebriti dari acara Style Network, “Whose Wedding Is It Anyway?” dan pendiri Donnie Brown Weddings and Events di Dallas, mengatakan bahwa sebagai acara utama, lamaran seharusnya terjadi pada puncak malam tersebut.

Mary Anne Parker, pendiri Manor of Manners dan pakar etiket pernikahan, mengatakan bahwa “puncak malam” bergantung pada beberapa hal. Di antaranya adalah:

  • 1. Di mana acara ini terjadi (restoran romantis atau di rumah)?
  • 2. Seberapa umum tempat itu dan apakah ada orang lain yang akan menonton?
  • 3. Jika orang lain akan hadir, apakah mereka fotografer atau keluarga?
  • 4. Seberapa mewah tempat itu?
  • 5. Seberapa besar kejutan yang Anda inginkan?

Melamar Saat Makan Malam

Ada satu cara lagi untuk membuat lamaran pernikahan menjadi romantis: lamaran saat masih makan. Anda bisa memberikan cincin itu saat menikmati minuman sambil menunggu hidangan utama. Atau, Anda bisa berlutut saat menyantap hidangan penutup.

Grant mengatakan bahwa tidak boleh memasukkan cincin itu ke dalam sampanye atau kue. “Cincin pertunangan baru benar-benar menakjubkan dan itulah faktor kekaguman saat Anda meletakkannya di jari manisnya. Anda ingin membuat mereka terkesiap,” kata Carrie.

“Memasukkan cincin dalam anggur atau makanan tidak akan menyakitinya, tetapi cincin itu akan kehilangan kilaunya dan bisa menyebabkan seseorang tersedak,” lanjutnya.

Membuat Lamaran Anda Benar-Benar Spesial

Apakah Anda punya ide tentang cara sempurna untuk mengajak seseorang berkencan? Luar biasa. Tetapi berikut adalah beberapa hal lagi yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan rencana Anda.

Rencanakan Waktu Privasi

Saat melamar di depan umum, seperti di restoran, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kekacauan; halangan dari orang lain atau orang yang Anda cintai tidak bereaksi seperti yang Anda bayangkan. Jadi, kata Brown, kompromi yang baik adalah makan malam mewah di luar, isyaratkan tentang lamaran, dan kemudian berikan cincinnya saat Anda berhasil mengajak si dia ke tempat yang lebih pribadi.

Pertimbangkan Media Sosial

Parker mengatakan bahwa akhir-akhir ini, hampir semua orang ingin mem-posting foto, video lamaran, cincin, dan pasangan secara online. Pastikan Anda memiliki pencahayaan dan latar belakang yang bagus untuk mendapatkan gambar yang sempurna saat merencanakannya.

Ciptakan Suasana Romantis

Anda tentu bisa saja meletakkan cincin itu di atas meja, tetapi jika Anda melakukan sedikit aksi ekstra, itu akan jauh lebih berkesan. “Mintalah seseorang meletakkan cincin itu di bawah lampu, seperti di atas perapian, dan nyalakan lilin di sekelilingnya”, kata Brown. Anda juga bisa memberinya beberapa hadiah kecil.

Buat Acara Terpisah Untuk Proposal Tersebut

Menurut Parker, sebaiknya jangan pernah melamar di acara besar seperti kumpul keluarga, pernikahan saudara kandung, atau acara baby shower seorang teman. Memang kelihatannya akan tampak lebih mudah karena lamaran hanya membutuhkan waktu sebentar dan semua orang sudah ada di sana. Namun, melakukan hal itu dapat membuat pasangan merasa dianggap tidak penting dan/atau tamu kehormatan tidak dihormati.

Jangan Gunakan ‘prank’ untuk Melamar

Tren yang populer saat ini adalah mengelabui atau mengerjai orang lain sebelum lamaran yang sebenarnya. Hal ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan reaksi yang besar, membuat orang tertawa, atau menjadi viral. Misalnya dengan berpura-pura melamar, memberi tahu orang itu bahwa itu lelucon, dan kemudian melamarnya secara nyata.

Saat itu terjadi, seorang wanita akan mengalami roller-coaster emosi di depan semua orang, dan semuanya terekam kamera media sosial. “Itu kejam. Jangan lakukan itu. Anda tidak ingin membuat orang yang paling Anda cintai merasa tidak nyaman pada saat terpenting dalam hidupnya,” kata Carrie.

Minta bantuan

Parker mengatakan bahwa melibatkan orang lain akan menghilangkan tekanan dan fokus agar Anda benar-benar bisa menikmatinya. Anda bisa menyewa seorang fotografer untuk mengabadikan momen tersebut, meminta bantuan teman, atau meminta pelayan menjadi kaki tangan Anda. Pada akhirnya, semuanya tentang Anda!

Seperti yang Anda lihat, setiap orang memiliki jawaban yang berbeda untuk pertanyaan. Begitu Anda tahu apa yang Anda inginkan, sisanya akan lebih mudah.

Semoga berhasil!

*** disadur dari Reader Digest.