Tentang Belgia Yang Memiliki Tiga Bahasa Nasional

Koridor.co.id

Pemandangan malam hari di jalanan kota tua Brussel. (Foto: Arcady/Shutterstock.com)
Pemandangan malam hari di jalanan kota tua Brussel. (Foto: Arcady/Shutterstock.com)

Belgia dipengaruhi secara historis oleh negara-negara tetangganya, termasuk Belanda, Prancis, dan Jerman. Hal ini menyebabkan Belgia memiliki tiga bahasa resmi dan berbagai badan legislatif untuk mengakomodasi setiap wilayah dan kelompok bahasa.

Meskipun mungkin agak membingungkan mendengar percampuran berbagai bahasa dan sub-dialek, jangan khawatir! Anda akan segera mengetahui tentang bahasa yang digunakan di Belgia dan bahasa apa yang harus Anda pelajari.

Bahasa Apa yang Digunakan di Belgia?

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita perjelas terlebih dahulu: tidak ada yang namanya “Bahasa Belgia”.

Tiga bahasa resmi di Belgia adalah Belanda, Prancis, dan Jerman. Bergantung pada wilayah tempat Anda berada, penduduk setempat mungkin berbicara dalam bahasa yang berbeda. Jadi, Anda tidak perlu mempelajari semua bahasa-bahasa resmi jika Anda pindah ke Belgia.

Bahasa Belanda

Salah satu bahasa resmi di Wilayah Ibu Kota Brussel dan wilayah Flanders adalah bahasa Belanda. Sekitar 60% penduduk Belgia adalah penutur asli bahasa Belanda.

Meskipun komunitas Flemish berbicara dalam dialek Flemish, bahasa Belanda standar adalah bahasa resmi mereka. Ya, “Flemish” dan bahasa Belanda bukanlah hal yang sama.

Meskipun ada beberapa perbedaan dalam pelafalan, tata bahasa, kosa kata, dan idiom antara bahasa Belanda di Belgia dan Belanda di Belanda, kedua bahasa ini pada umumnya bisa saling dipahami. Sub-dialek di wilayah Flanders memperkuat variasi ini. Anda mungkin akan mendengar Brabantian, Flemish Timur, Flemish Barat, atau Limburgish tergantung di mana Anda berada.

Bahasa Prancis

Bahasa Prancis adalah bahasa resmi komunitas berbahasa Prancis di Wallonia dan Brussel, dan juga bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Belgia. Dialek Prancis atau “Français de Belgique” adalah bahasa ibu dari sekitar 40% penduduk Belgia.

Bahasa Prancis berhasil mempertahankan tingkat prestise tertentu dan terus menjadi bahasa utama yang digunakan di kalangan kelas atas Belgia sebagai hasil dari sejarah yang kompleks.

Anda mungkin akan mendengar variasi pelafalan bahasa Prancis di sini. Namun, jika Anda fasih berbicara bahasa Prancis, Anda akan dengan cepat memahaminya. Namun, ada beberapa perbedaan dalam tata bahasa dan kosa kata jika Anda mendengar salah satu dialek yang sudah punah, termasuk Walloon, Picard, Lorrain, dan Champenois.

Bahasa Jerman

Wilayah Belgia yang berbahasa Jerman (Ostbelgien) adalah entitas federal terbaru di negara ini. Wilayah ini bergabung dengan Belgia setelah Perang Dunia I. Bahasa yang mereka gunakan pada dasarnya sama dengan apa yang akan Anda dengar di Jerman, karena mereka tidak memiliki banyak waktu untuk berkembang secara mandiri. Kurang dari 1%, atau sekitar 75.000 orang, dari total populasi Belgia adalah penutur bahasa Jerman.

Penggunaan Bahasa Inggris di Belgia

Dari 112 negara, Belgia menempati peringkat keenam dalam kemampuan berbahasa Inggris di dunia. Rata-rata 55% orang Belgia fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

Secara umum, Wallonia memiliki hambatan bahasa yang lebih tinggi daripada Flanders, di mana hampir separuh penduduknya hanya dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dasar.

Berkat kehadiran banyak diplomat dan pendatang asing yang memilih Brussel sebagai tempat tinggal, perpaduan budaya dan penggunaan bahasa Inggris menjadi umum. Jika penutur bahasa Belanda dan Prancis tidak dapat berkomunikasi satu sama lain, sering kali mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang umum. Oleh karena itu, Anda bisa memulai percakapan dalam bahasa Inggris jika Anda tidak yakin bahasa apa yang akan digunakan.

Meskipun mayoritas penduduk di Brussel berbahasa Prancis, kota ini secara resmi menggunakan dua bahasa, dengan rambu-rambu jalan dalam bahasa Prancis dan Belanda. Karena lebih dari sepertiga penduduk Brussel berbicara bahasa Inggris, dan sebagian besar pekerjaan sering kali membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris, beberapa tahun terakhir ada himbauan untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa resmi Brussel.

Apakah Anda Harus Mempelajari Salah Satu Bahasa Resmi di Belgia?

Ya, sangat disarankan untuk melakukannya, terutama jika Anda berniat tinggal di Belgia untuk jangka waktu yang lama. Mempelajari bahasa resmi akan membantu Anda merasa lebih nyaman, terintegrasi, dan betah di lingkungan sekitar Anda, termasuk dalam dialek lokal di kota Belgia tempat Anda tinggal.

Tentu saja, Anda dapat bertahan hanya dengan berbicara bahasa Inggris jika Anda tinggal di kota multikultural seperti Brussel, memiliki pekerjaan, atau hanya berada di sini untuk waktu yang singkat.

Namun, penting untuk diingat bahwa di Belgia, dokumen resmi hanya diterbitkan dalam bahasa resmi setempat. Untungnya, sebagian besar situs web resmi juga menawarkan versi bahasa Inggris. Meski demikian, itu tidak mudah.

Karena tidak ada kewajiban hukum, sebagian besar pegawai pemerintahan akan menolak berbicara dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, disarankan untuk datang ke janji temu, seperti pendaftaran alamat, dengan seseorang yang dapat membantu menerjemahkan jika Anda tidak fasih berbahasa lokal.

Upaya seperti itu juga memiliki arti penting dalam kehidupan sosial. Ketika Anda berusaha berkomunikasi dengan orang Belgia dalam bahasa mereka, mereka sering kali menunjukkan rasa hormat dan keramahan yang sama kepada Anda. Namun, berhati-hatilah untuk tidak bersikap tidak sopan; hindari berbicara bahasa Belanda dengan orang Wallonia, dan sebaliknya.

Apakah Berbicara Salah Satu Bahasa Resmi di Belgia Membuat Kita Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan?

Pasti. Bahasa Prancis, Belanda, atau sering kali keduanya, menjadi persyaratan utama jika Anda ingin bekerja di perusahaan Belgia.

Tidak dapat berkomunikasi dalam salah satu bahasa resmi Belgia merupakan hambatan utama dalam mencari pekerjaan di sana, meskipun tingkat kemampuan bahasa Inggris di negara tersebut umumnya tinggi. Meskipun bukan hal yang mudah, Anda masih mungkin untuk bekerja di Belgia dengan hanya berbahasa Inggris. Namun, perusahaan multinasional besar menjadi pilihan terbaik jika Anda memilih opsi tersebut.

*** disadur dari HousingAnywhere.

Artikel Terkait

Terkini