Sepuluh fakta tentang mimpi yang bisa membuat Anda meragukan kewarasan Anda

Koridor.co.id

Ilustrasi sleepwalker.
Ilustrasi sleepwalker.

Kita semua pernah mengalami mimpi, baik itu mimpi yang misterius ataupun yang memesona. Mereka dapat memberi kita sedikit kesenangan saat kita tidur, membantu kita memecahkan masalah, dan memungkinkan kita mengeksplorasi emosi kita. Tidak dapat disangkal bahwa mimpi memainkan peran penting dalam diri kita. Siapa yang tahu petualangan seperti apa yang akan dibawa pikiran saat Anda menutup mata malam hari nanti?

1. Setiap Orang Bermimpi

Ya, termasuk Anda! Bahkan jika Anda tidak mengingat mimpinya, Anda masih memilikinya. Penelitian menunjukkan bahwa kita bermimpi selama sekitar dua jam setiap malam, tetapi biasanya kita melupakan mimpi tersebut segera setelah kita bangun. Jadi, jika Anda ingin mengingat mimpi-mimpi Anda, coba simpan jurnal mimpi di sebelah tempat tidur Anda.

2. Lucid Dream Itu Nyata

Lucid Dream adalah ketika Anda menyadari bahwa Anda sedang bermimpi dan dapat mengendalikan hasil mimpi tersebut. Meskipun ini mungkin terdengar seperti sesuatu dalam film fiksi ilmiah, tetapi ini nyata! Beberapa orang dapat melatih diri untuk lucid dream dengan melakukan pemeriksaan realitas sepanjang hari, misalnya seperti bertanya pada diri sendiri apakah ia sedang bermimpi.

3. Tunanetra Juga Bermimpi

Bahkan jika Anda tidak pernah melihat dunia dengan mata, Anda masih bisa bermimpi. Studi menunjukkan bahwa orang yang lahir buta atau menjadi buta sebelum usia lima tahun dapat bermimpi dalam bentuk gambar, suara, dan emosi. Jadi, jangan biarkan siapa pun mengatakan bahwa Anda tidak bisa bermimpi hanya karena tidak bisa melihat.

4. Di Dalam Mimpi, Anda Tidak Bisa Membaca

Pernah mencoba membaca buku dalam mimpi? Tidak mungkin! Otak kita tidak dapat menciptakan informasi baru saat kita tidur, sehingga kita tidak dapat membaca atau mengenali wajah baru dalam mimpi kita. Jadi, jika Anda ingin mencari bacaan yang bagus, Anda harus melakukannya di kehidupan nyata.

5. Berjalan Sambil Tidur Itu Nyata

Berjalan sambil tidur, sleepwalking, atau somnambulisme, adalah kondisi ketika seseorang berjalan atau melakukan aktivitas lain saat tidur. Ini adalah kondisi yang jarang terjadi, tetapi bisa berbahaya. Penderita somnambulisme bisa mengemudi, memasak, dan bahkan melakukan kejahatan saat mereka tertidur! Jadi, jika Anda seorang somnambulis, pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga diri sendiri dan orang lain tetap aman.

6. Hewan Juga Bermimpi

Bukan hanya manusia yang bermimpi. Hewan juga bermimpi. Studi menunjukkan bahwa banyak hewan, termasuk anjing, kucing, dan tikus, mengalami tidur REM (Rapid Eye Movement), yang merupakan tahap tidur di mana mimpi terjadi.

7. Mimpi Buruk Bisa Berakibat Baik Untuk Anda

Meskipun menakutkan, mimpi buruk sebenarnya baik untuk Anda. Mimpi buruk adalah cara otak Anda memproses emosi dan trauma negatif. Jadi, jika Anda mengalami mimpi buruk, jangan khawatir. Itu bagian dari aktivitas otak Anda yang mencoba mengerjakan sesuatu.

8. Pria dan Wanita Bermimpi dengan cara berbeda

Ternyata pria dan wanita tidak hanya berpikir secara berbeda, mereka juga bermimpi secara berbeda! Penelitian menunjukkan bahwa pria cenderung bermimpi lebih banyak tentang pria lain, sementara wanita bermimpi tentang pria dan wanita secara setara. Pria juga cenderung memiliki mimpi yang lebih agresif dan kasar, sementara wanita memiliki mimpi yang lebih emosional dan interpersonal. Siapa yang tahu bahwa bahkan mimpi pun tunduk pada stereotipe gender?

9. Mimpi Dapat Membantu Memecahkan Masalah

Pernah mendengar ungkapan, “sleep on it“? Ternyata istilah itu ada benarnya. Mimpi dapat membantu kita memecahkan masalah dan menghasilkan solusi kreatif. Menurut penelitian, otak kita terus memproses informasi bahkan ketika kita sedang tidur. Jadi, jika Anda sedang berjuang keras menyelesaikan suatu masalah, cobalah untuk tertidur. Siapa tahu, Anda mungkin hanya bisa mendapatkan solusinya lewat mimpi.

10. Anda Dapat Mengalami Orgasme Dalam Tidur

Ya, Anda membacanya dengan benar. Ini disebut “orgasme tidur,” dan itu adalah hal yang nyata. Beberapa orang dapat mengalami orgasme saat mereka tidur, bahkan tanpa rangsangan fisik. Ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, dan Anda tidak perlu malu.

Mimpi adalah bagian misterius dan menarik dari kehidupan kita. Mereka dapat membantu kita memecahkan masalah, mengeksplorasi emosi kita, dan bahkan memberi kita sedikit kesenangan saat kita tidur. Apakah Anda seorang lucid dreamer atau sleepwalker, tidak dapat disangkal bahwa mimpi adalah bagian penting dari siapa kita.

*** disadur dari The Most 10.

Artikel Terkait

Terkini