Samudera terbesar ini bisa menampung lebih dari separuh air mengalir di Bumi

Koridor.co.id

Ilustrasi kehidupan laut
Ilustrasi kehidupan laut

Menurut survei Geologi Amerika Serikat, lebih dari 70% permukaan Bumi tertutup air. Dari jumlah air tersebut, lebih dari 96 persennya terdapat di salah satu dari lima samudera yang ada di planet kita.

Dari Kutub Utara hingga Selatan, lima cekungan samudra adalah tempat bagi ribuan kehidupan laut dan jutaan mil persegi air.

Cekungan samudra terkecil di Bumi adalah Samudra Arktik, yang memiliki luas sekitar 6,1 juta mil persegi, menurut National Ocean Service. 

Lalu bagaimana dengan yang terbesar? Inilah fakta yang perlu Anda ketahui tentang lautan terbesar, ditambah fakta lain tentang laut biru yang dalam.

Lautan mana yang terbesar?

Menurut National Ocean Service, Samudra Pasifik memiliki volume air terbesar dari cekungan samudra mana pun di dunia. Cekungan samudra ini mencakup area seluas sekitar 63 juta mil persegi dan berisi lebih dari setengah jumlah air yang mengalir di Bumi.

Selain itu, dari semua samudra yang ada saat ini, batuan tertua di Samudra Pasifik berusia sekitar 200 juta tahun, menjadikannya samudra laut tertua di Bumi.

Apa nama lautan terbesar kedua di dunia?

Menurut National Ocean Service, Samudra Atlantik memiliki luas sekitar 41 juta mil persegi dan menjadikannya cekungan samudra terbesar kedua di planet ini setelah Samudra Pasifik. Dua puluh persen air mengalir di permukaan planet ini ditampung Samudra Atlantik.

Masih menurut National Ocean Service, Samudra Arktik dan Samudra Selatan, yang juga dikenal sebagai Samudra Antartika, terhubung ke Samudra Atlantik melalui lorong yang disebut Segitiga Bermuda.

Berikut ini adalah urutan samudra dari yang terbesar hingga yang terkecil, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration:

  • Samudra Pasifik
  • Samudra Atlantik
  • Samudra Hindia
  • Samudra Antartika
  • Samudra Arktik

*** disadur dari USA Today.

Artikel Terkait

Terkini