Paspor Paling ‘Kuat’ di Dunia pada tahun 2023

Koridor.co.id

Ilustrasi tumpukan Paspor

Indeks Paspor Henley, sebuah laporan tahunan yang memeringkat kekuatan paspor di seluruh dunia, baru saja merilis analisis tahun 2023 tentang paspor paling ‘kuat’ di dunia. Satu negara di Asia Timur diakui sebagai paspor terkuat di dunia untuk kelima kalinya secara berturut-turut.

Menggunakan data dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA), indeks ini mencakup 199 paspor. Semakin kuat paspor Anda, semakin banyak negara yang dapat Anda masuki baik tanpa visa atau dengan Visa on Arrival (VoA). Ekonomi dan politik adalah faktor umum yang sangat memengaruhi seberapa kuat atau lemahnya sebuah paspor. Namun keadaan lain, seperti perang di Ukraina dan pandemi, secara drastis dapat memengaruhi peringkat paspor.

“Indeks Paspor Henley mengukur akses bebas visa ke 227 tujuan di seluruh dunia, yang tentu saja, menjadikannya alat yang sangat berguna bagi para pelancong,” kata Dr. Christian H. Kaelin, ketua Henley & Partners, perusahaan investasi di balik indeks tersebut.

Saat ini, paspor terbaik untuk dimiliki di dunia berasal dari Jepang, yang tercatat sebagai negara yang memiliki beberapa peraturan perbatasan paling ketat selama pandemi. Jika Anda memiliki paspor Jepang, Anda dapat mengunjungi 193 tujuan — atau 85 persen dari seluruh dunia — bebas visa. Sebagai perbandingan, Afghanistan memiliki paspor yang paling lemah, dengan skor bebas visa 27. Henley & Partners mengatakan ini adalah “kesenjangan mobilitas global terluas dalam sejarah 18 tahun indeks.”

Korea Selatan dan Singapura sama-sama memegang peringkat kedua sebagai paspor paling kuat. Keduanya berada di belakang Jepang dengan skor bebas visa 192. Sementara itu, mereka yang membawa paspor Jerman dan Spanyol dapat melakukan perjalanan bebas visa ke 190 negara. Finlandia berbagi tempat dengan Italia dan Luksemburg di peringkat keempat, dengan skor 189. Amerika Serikat, sementara itu, menduduki peringkat ketujuh dengan Belgia, Republik Ceko, Selandia Baru, Norwegia, dan Swiss; pemegang paspor dari negara-negara ini dapat mengunjungi 186 negara tujuan, tanpa visa.

Untuk melihat di mana paspor dari peringkat negara favorit Anda, lihat daftar lengkapnya di situs web Henley & Partners.

*** disadur dari halaman Trip Savy.

Artikel Terkait

Terkini