Panduan mendapatkan visa negara-negara di seluruh dunia

Koridor.co.id

Ilustrasi Visa

Cara mendapatkan visa turis

Sebagian besar waktu, Anda dapat mengajukan permohonan visa dengan salah satu cara berikut:

  1. Di kedutaan atau konsulat negara tujuan Anda.
  2. Online (visa elektronik) (visa elektronik).
  3. Di tempat Anda masuk (visa saat kedatangan).

Cara Anda mengajukan visa tergantung di mana Anda tinggal dan dari negara mana Anda berasal. Anda tidak boleh bepergian ke luar negeri tanpa mencari tahu terlebih dahulu apakah Anda memerlukan visa.

Permohonan visa di kedutaan

Di lain waktu, Anda bisa pergi ke kedutaan atau konsulat negara yang ingin Anda kunjungi untuk mendapatkan visa. Anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Mengatur janji untuk bertemu.
  2. Kumpulkan sekelompok dokumen.
  3. Membayar biaya untuk mendapatkan visa.
  4. Masukkan wawancara visa (terkadang).

Orang-orang di konsulat akan melihat aplikasi Anda dan memutuskan apakah akan memberi Anda visa atau tidak. Tergantung pada jenis visa yang Anda butuhkan, proses permohonan Anda dapat memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

Ingat

Terkadang kedutaan atau konsulat akan menyewa agen perjalanan pribadi untuk membantu pengajuan visa. Artinya, agensi akan mengumpulkan dokumen Anda dan mengirimkannya ke kedutaan atau konsulat, yang kemudian akan mengambil keputusan.

Aplikasi visa online

Visa juga dapat diminta secara online. Visa elektronik biasanya diberikan sebagai dokumen yang dapat Anda cetak. Mereka tidak hanya tercetak di paspor Anda. Jika suatu negara menawarkan visa elektronik, akan ada situs web tempat Anda dapat mengisi aplikasi pengajuan visa. Berikut ini cara-caranya:

  1. Isi formulir aplikasi visa secara online.
  2. Tambahkan salinan dokumen Anda dalam bentuk elektronik.
  3. Bayar biaya untuk visa.

Pastikan situs web yang Anda gunakan untuk melamar adalah situs yang resmi, karena Anda harus memberikan informasi pribadi dan membayar biaya.

Ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga beberapa hari sebelum Anda mendengar kabar tentang aplikasi visa Anda.

Visa on Arrival (VoA)

Anda dapat mengajukan permohonan visa di bandara atau tempat lain di mana Anda akan memasuki negara tujuan Anda. Ini disebut visa on arrival. Dalam kasus ini, akan ada loket visa di titik masuk di mana Anda dapat mengajukan permohonan, membayar biaya, dan menunggu keputusan sebelum Anda dapat melewatinya. Ini bisa memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung negaranya.

Tidak semua negara memberikan visa saat Anda tiba di negara tersebut.

Bahkan di negara-negara yang memberikan VOA, biasanya hanya diberikan kepada orang-orang dari negara tertentu.

Sebagian besar waktu, Anda hanya bisa mendapatkan visa saat tiba di bandara atau titik masuk tertentu.

Alasan mengapa visa sering ditolak

Beberapa alasan paling umum mengapa permohonan visa Anda ditolak adalah:

  • Validitas paspor. Banyak negara akan meminta Anda untuk memiliki paspor yang masih berlaku setidaknya selama tiga atau enam bulan. Tergantung ke mana Anda pergi, periode ini mungkin dimulai saat Anda memasuki negara tersebut atau saat Anda pergi.
  • Halaman kosong paspor. Dari satu negara ke negara lain, jumlah halaman kosong yang Anda butuhkan di paspor Anda bisa berkisar antara dua hingga empat. Harus ada halaman kosong di paspor Anda sehingga ada cukup ruang untuk visa dan stempel Anda
  • Persyaratan vaksinasi. Jika Anda tidak memiliki sertifikat vaksinasi internasional, Anda tidak akan bisa mendapatkan visa untuk beberapa negara Afrika.
  • Catatan kriminal. Dengan catatan kriminal, hampir tidak mungkin mendapatkan visa. Hanya beberapa negara, seperti AS dan Kanada, yang akan mengesampingkan catatan kriminal Anda jika Anda memerlukan visa.
  • Larangan bepergian. Semua pemerintah memiliki kekuatan untuk memberi tahu seseorang bahwa mereka tidak diterima. Karena itu, diplomat dan orang yang bukan diplomat tidak akan bisa masuk ke negara tertentu.
  • Tidak cukup uang untuk asuransi kesehatan. Semua pengunjung ke banyak negara diharuskan memiliki asuransi kesehatan perjalanan.

Durasi visa dan tanggal kedaluwarsa

Visa dapat diberikan untuk jangka waktu sebagai berikut:

Kunjungan singkat

Anda bisa mendapatkan visa kunjungan singkat mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Visa jenis ini biasanya diberikan kepada wisatawan, pebisnis, dan orang-orang yang perlu berobat di satu negara atau mengunjungi keluarga untuk waktu yang singkat.

Tinggal lama

Anda bisa mendapatkan visa tinggal lama selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Izin tinggal kadang-kadang disebut “visa tinggal lama” juga.

Single Entry

Visa single entry (visa masuk tunggal), seperti namanya, hanya memungkinkan Anda memasuki negara atau wilayah tersebut satu kali. Bahkan jika Anda masih memiliki sisa hari, Anda tidak dapat kembali setelah Anda pergi.

Multiple-Entry

Selama visanya masih bagus, Anda bisa masuk ke suatu negara atau wilayah lebih dari satu kali dengan visa multiple-entry.

Apa yang membuat paspor berbeda dengan visa?

Meskipun paspor dan visa digunakan untuk bepergian, perbedaan utamanya adalah paspor diberikan kepada Anda oleh negara asal Anda, sedangkan visa diberikan kepada Anda oleh negara yang ingin Anda kunjungi. Beberapa perbedaan lainnya adalah:

  • Paspor adalah cara untuk membuktikan siapa Anda saat bepergian, sedangkan visa menunjukkan bahwa Anda memiliki izin untuk memasuki negara tertentu.
  • Paspor biasanya bagus untuk sekitar sepuluh tahun, tetapi visa biasanya hanya berlaku beberapa bulan.

Apa perbedaan antara visa dan izin tinggal di suatu negara?

Orang sering menggunakan kata “visa” dan “izin tinggal” dengan cara yang sama. Namun, satu perbedaan besar antara keduanya adalah:

  • Anda memerlukan visa untuk berkunjung dan tinggal di negara asing untuk waktu yang singkat, baik itu untuk pariwisata, bisnis, pekerjaan, sekolah, dll.
  • Jika Anda ingin tinggal di negara asing untuk waktu yang lama, Anda memerlukan izin tinggal.

Terkadang, Anda mendapatkan visa terlebih dahulu dan kemudian mengubahnya menjadi izin tinggal setelah Anda tiba di negara tempat Anda ingin tinggal. Saat Anda mengajukan permohonan visa tinggal lama, terkadang Anda langsung mendapatkan izin tinggal (untuk bekerja, belajar, reuni keluarga, dan lain-lain)

Apa itu Otorisasi Perjalanan Elektronik (ETA)?

Otorisasi perjalanan elektronik diperlukan untuk masuk ke suatu negara bagi orang yang tidak memerlukan visa. Mereka mudah didapat secara daring dengan sedikit biaya, dan bagus digunakan untuk waktu yang lama. Beberapa contoh otorisasi perjalanan elektronik adalah sebagai berikut:

  • ETA (Kanada). ETA Kanada berharga 7 dolar Kanada (CAD) dan disetujui dalam beberapa menit. Dapat digunakan hingga lima tahun, dan setiap perjalanan dapat bertahan hingga enam bulan.
  • ETA (Australia). ETA Australia berharga 20 dolar Australia (AUC) dan disetujui dalam beberapa menit. Ini berlaku untuk satu tahun, selama itu Anda bisa pergi ke Australia lebih dari sekali.
  • ESTA (Amerika Serikat). ESTA dari Amerika Serikat berharga USD 14 dan disetujui dalam beberapa menit. Ini berlaku hingga dua tahun dan memungkinkan Anda pergi ke AS lebih dari sekali hingga tiga bulan setiap kali.
  • ETIAS (Uni Eropa). Mulai November 2023, semua orang di Uni Eropa harus menggunakan ETIAS. Harganya EU 7 dan bagus selama tiga tahun. Selama masa berlakunya, Anda dapat melakukan hingga tiga perjalanan masing-masing hingga tiga bulan.

Otorisasi perjalanan elektronik bukanlah visa, dan satu-satunya tujuannya adalah untuk melacak siapa yang masuk dan meninggalkan suatu negara. Karena itu, aplikasi pengajuan ETA kemungkinan besar tidak akan ditolak.

Skema visa bersama

Beberapa negara dalam kelompok regional memberikan visa yang sama kepada semua negara lain dalam kelompok tersebut. Beberapa visa paling umum yang diketahui kebanyakan orang adalah:

  • Visa Schengen adalah izin masuk bersama yang memungkinkan Anda masuk ke salah satu dari 27 negara Eropa yang merupakan bagian dari Wilayah Schengen.
  • Visa Tunggal untuk Amerika Tengah. Ini adalah kesepakatan yang dibuat Guatemala, El Salvador, Honduras, dan Nikaragua tentang visa. Orang-orang dari negara-negara ini dapat melakukan perjalanan antar negara anggota tanpa visa. Wisatawan juga bisa mendapatkan satu visa untuk mengunjungi semua negara anggota.
  • Dewan Kerjasama Teluk (GCC). Ini adalah kesepakatan antara Uni Emirat Arab, Oman, Qatar, Bahrain, Arab Saudi, dan Kuwait, yang semuanya berada di Timur Tengah. Di negara mereka sendiri, orang-orang dari negara-negara ini dapat bepergian tanpa visa, tetapi terkadang hal ini tidak memungkinkan karena ketegangan politik.
  • Aliansi Pasifik. Chili, Kolombia, Meksiko, dan Peru semuanya merupakan bagian dari Aliansi Pasifik, yang memungkinkan warganya bepergian tanpa visa. Wisatawan juga dapat mengunjungi semua negara anggota hanya dengan satu visa.
  • Univisa dari KAZA. Perjanjian Univisa KAZA memungkinkan Anda melakukan perjalanan selama 30 hari antara Zambia dan Zimbabwe.
  • Visa untuk CARICOM. Perjanjian CARICOM terdiri dari 15 negara Karibia yang warganya dapat bepergian satu sama lain tanpa visa. Selain itu, perjanjian tersebut memberikan paspor CARICOM bersama kepada setiap warga negara yang dapat digunakan untuk perjalanan baik di dalam maupun di luar wilayah.
  • Organisasi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS). Perjanjian ini memiliki 15 negara di Afrika Barat sebagai anggotanya. Orang-orang dari negara-negara ini bebas untuk berpindah antar negara.
  • Perjanjian Mercosur. Perjanjian Mercosur terdiri dari empat negara anggota penuh (Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay) dan beberapa negara asosiasi lainnya. Ini memungkinkan warganya bepergian tanpa visa. Namun masing-masing negara memiliki aturannya sendiri tentang visa bagi orang – orang dari negara lain yang ingin berkunjung
  • Rencanakan visa Inggris dan Irlandia (Visa BIVS). BIVS adalah program visa antara Inggris dan Irlandia yang memungkinkan orang-orang dari negara lain melakukan perjalanan antara kedua negara ini hanya dengan satu visa. Misalnya, jika Anda memiliki visa yang valid untuk Inggris, Anda dapat menggunakan dokumen yang sama untuk memasuki Irlandia.

Selain program visa bersama, jika Anda mendapatkan visa dari negara lain, Anda dapat melakukan perjalanan bebas visa ke lebih dari satu negara. Jika Anda memiliki visa AS yang valid, misalnya, Anda juga dapat pergi ke Kosta Rika, Meksiko, Kepulauan Virgin Inggris, dan beberapa tempat lainnya.

Apa itu Exit Visa?

Exit Visa adalah jenis dokumen perjalanan yang memungkinkan Anda meninggalkan negara tertentu. Saat ini, exit visa dipandang sebagai cara lama dalam melakukan hal-hal yang hampir melanggar hak asasi manusia, sehingga sebagian besar negara tidak memerlukannya.

Berikut adalah negara-negara yang memerlukan exit visa: Belarus, Irak, Kuwait, Lebanon, Korea Utara, Oman, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Cina, dan Uni Emirat Arab.

Tergantung pada kewarganegaraan Anda, Anda mungkin memerlukan exit visa. Sebelum Anda pergi, tanyakan kepada kedutaan atau konsulat untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan.

*** disadur dari Visa Guide.

Artikel Terkait

Terkini