Negara-negara dengan prosedur imigrasi termudah

Koridor.co.id

Proses Imigrasi. Ilustrasi.
Proses Imigrasi. Ilustrasi.

Pindah ke negara baru dan memulai hidup baru selalu menarik. Ide bertemu orang-orang berbeda, bepergian ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, dan belajar budaya baru terdengar menarik dan menyenangkan.

Namun, proses imigrasi tidak pernah mudah, terutama jika Anda tidak memiliki keterampilan yang diinginkan atau sumber daya keuangan yang cukup.

Sebagian besar negara memang menawarkan beberapa program imigrasi, tetapi program-program ini didasarkan pada kebutuhan untuk mengisi kekurangan tenaga kerja dan dibatasi oleh batas tahunan. Oleh karena itu, untuk berimigrasi ke negara baru, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor penting seperti integrasi ke dalam struktur sosial yang berbeda dan aspek keuangan.

Negara termudah untuk berimigrasi

Berikut adalah beberapa negara termudah untuk berimigrasi:

  • Selandia Baru
  • Australia
  • Spanyol
  • Paraguay
  • Jerman
  • Montenegro
  • Ceko
  • Thailand
  • Kanada
  • Portugal

Harap dicatat bahwa negara-negara ini dipilih berdasarkan program imigrasi langsung dan banyaknya peluang visa yang mereka tawarkan.

Selandia Baru

Selandia Baru adalah tujuan populer untuk imigrasi terutama karena Program Migrasi Terampilnya. Namun, agar memenuhi syarat untuk program ini, ada beberapa kriteria yang harus Anda penuhi. Di antaranya, Anda harus berusia di bawah 55 tahun, sangat terampil di bidang Anda, dan memiliki pengalaman kerja. Jika Anda memenuhi kriteria ini, Anda dapat tinggal di Selandia Baru selama dua tahun dan kemudian mengajukan permohonan visa tinggal.

Australia

Program imigrasi Australia adalah salah satu yang paling efisien dan teratur sehingga membuat proses imigrasi lebih mudah. Anda memiliki beberapa opsi untuk pindah ke Australia, tetapi berikut ini adalah beberapa cara yang paling umum:

  • Global Talent Visa
  • Skema bagi Calon Pengusaha
  • Visa Nominasi Terampil.
  • Visa Pascasarjana
  • Visa untuk kekurangan keterampilan sementara

Namun, seperti halnya di Selandia Baru, Anda biasanya harus berusia di bawah 50 tahun, memiliki keterampilan dan pengalaman yang tepat, dan mencetak poin yang cukup pada sistem penilaian jika Anda menginginkan visa berbasis poin.

Spanyol

Ini karena program Asisten Bahasa dan Budaya Amerika Utara, di mana Anda dapat pindah ke Spanyol dan mengajar bahasa Inggris. Kemudian, jika Anda mendapatkan pekerjaan di luar program, Anda dapat beralih ke visa kerja. Spanyol adalah tempat yang populer bagi ekspatriat untuk tinggal karena cuacanya bagus, biaya hidup yang rendah untuk Eropa Barat, perawatan kesehatan publik dan swasta yang baik, dan sistem sekolah yang baik.

Namun, program ini mengharuskan Anda memiliki cukup uang dan rencana untuk menginvestasikannya agar mendapatkan tempat tinggal tetap. Spanyol juga memiliki program yang membantu orang Filipina dan orang-orang dari negara lain yang dulunya adalah koloni Spanyol mendapatkan kewarganegaraan mereka dengan cepat.

Paraguay

Karena visa investasi dan skema pensiunnya, Paraguay dianggap sebagai salah satu tempat termudah untuk pindah. Kedua opsi ini memudahkan untuk mendapatkan tempat tinggal permanen dan kemudian kewarganegaraan, tetapi ada masalah: Anda harus memiliki cukup uang untuk menghidupi diri sendiri.

Anda dapat berinvestasi dengan salah satu cara berikut untuk mendapatkan tempat tinggal permanen:

  • Investasikan setidaknya $ 5.500 di rekening bank. Anda dapat menyimpan uangnya di Bank Sentral Paraguay.
  • Mulailah bisnis dengan modal awal minimal $5.000.
  • Beli setidaknya 10 hektar lahan.

Anda bisa mendapatkan tempat tinggal hanya dalam waktu tiga bulan setelah melakukan investasi, dan kemudian kewarganegaraan Anda dalam tiga tahun. Anda harus pergi ke Paraguay setidaknya sekali selama tiga tahun itu. Di sisi lain, program pensiun Paraguay memungkinkan Anda mendapatkan tempat tinggal permanen jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda menghasilkan setidaknya $1.300 sebulan.

Jerman

Undang-Undang Imigrasi Pekerja Terampil dan opsi visa lainnya menjadikan Jerman tempat yang populer untuk pindah. Pertama, Anda bisa mendapatkan izin kerja yang memberi Anda waktu enam bulan untuk mencari pekerjaan di Jerman. Kemudian, tergantung pada jenis visa yang Anda miliki, Anda dapat mengajukan permohonan izin kerja. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan izin tinggal sementara dan tinggal hingga empat tahun. Jika Anda memenuhi semua persyaratan, Anda dapat mengajukan permohonan untuk menjadi warga negara.

Montenegro

Montenegro telah menjadi tempat yang tepat untuk pindah baru-baru ini, terutama karena biaya hidupnya yang rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya dan karena disebut “Riviera Prancis yang baru.”

Tetapi mendapatkan visa kerja adalah salah satu cara terbaik untuk pindah ke sana. Montenegro juga telah memulai program investasi baru yang dapat mengarah pada kewarganegaraan. Untuk mengikuti program ini, Anda harus menginvestasikan setidaknya $350.000.

Republik Ceko

Republik Ceko memiliki peluang pekerjaan paling terbuka di Eropa. Ada banyak lowongan pekerjaan, yang memudahkan pencari kerja untuk pindah ke sana dengan menggunakan visa kerja. Sebagian besar visa kerja berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang jika kontrak kerja Anda masih bagus. Kemudian, Anda dapat mengajukan permohonan izin tinggal tetap setelah lima tahun dengan izin tinggal sementara.

Thailand

Jika Anda seorang pekerja yang sangat terampil atau memiliki cukup uang untuk berinvestasi di tempat tinggal permanen, Anda bisa pindah ke Thailand. Untuk mendapatkan visa ini, Anda harus menjadi pekerja terampil di industri tertentu, investor, manajer puncak, atau pemilik bisnis yang baru memulai. Tergantung pada jenis visa SMART yang Anda miliki, Anda dapat tinggal di Thailand selama antara satu hingga empat tahun.

Jika Anda memiliki cukup uang, Anda juga dapat pindah ke Thailand dengan mengikuti program Thailand Elite Residence. Program ini memberi Anda tujuh pilihan berbeda, tetapi salah satu yang paling populer adalah Elite Easy Access. Dengan biaya THB 500.000, atau $14.850, Anda bisa mendapatkan residensi lima tahun hanya dalam waktu empat bulan.

Kanada

Ini juga merupakan salah satu tempat tinggal yang paling mudah karena memiliki luas lahan yang luas namun tidak banyak orang. Skema Masuk Ekspres adalah salah satu cara paling populer untuk masuk ke negara ini. Tetapi program ini dikendalikan oleh sistem poin, dan agar memenuhi syarat, Anda harus pandai dalam apa yang Anda lakukan dan memiliki banyak pengalaman di bidang Anda.

Program International Experience Canada adalah cara lain untuk mengajak kaum muda pindah ke Kanada. Anda bisa mendapatkan visa kerja dua tahun jika Anda berusia antara 18 dan 30 tahun.

Portugal

Setelah lima tahun, Anda dapat mengajukan permohonan izin tinggal permanen melalui program Golden Visa. Setelah lima tahun, jika Anda telah tinggal di Portugal selama 35 hari, Anda dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan. Untuk mendapatkan visa ini, Anda harus, antara lain, menginvestasikan setidaknya $500.000 untuk real estat atau $350.000 untuk properti di kawasan perkotaan.

Ekspatriat sangat tertarik untuk pindah ke Portugal karena beberapa alasan, salah satunya adalah kemungkinan untuk mendapatkan paspor Uni Eropa. Ini juga memberi orang akses ke perawatan kesehatan gratis dan peluang pendidikan yang besar.

Bisakah Saya Mendapatkan Asuransi Kesehatan Jika Saya Pindah?

Ya, Anda memiliki beberapa pilihan dalam memilih rencana perawatan kesehatan sebagai seorang ekspatriat. Anda dapat membeli asuransi dari perusahaan lokal atau penyedia layanan kesehatan internasional dan mendapat manfaat dari perawatan kesehatan masyarakat.

Artikel Terkait

Terkini