Mengenal 12 Dewa dan Dewi dari Yunani

Koridor.co.id

Kuil Zeus Olympia, juga dikenal sebagai Olympieion atau Kolom Zeus Olympia.
Kuil Zeus Olympia, juga dikenal sebagai Olympieion atau Kolom Zeus Olympia.

Dalam mitologi Yunani kuno, terdapat 12 dewa dan dewi yang memainkan peran penting dalam kehidupan dan mitos bangsa Yunani. Mereka mewakili sifat-sifat manusia dan sering kali terlibat dalam pertempuran, perselisihan, dan kisah asmara. Berikut adalah beberapa dewa dan dewi pilihan dari panteon Yunani:

  1. Afrodit: Dewi cinta, seks, dan kecantikan. Dia adalah putri Zeus dan Dione. Kecantikannya membuat semua dewa terpesona dan kerap memicu konflik di antara mereka.
  2. Athena: Dewi kebijaksanaan, perang, dan seni. Dia lahir sepenuhnya dewasa dari dahi Zeus. Athena terkenal karena membantu pahlawan-pahlawan seperti Odysseus dan Perseus.
  3. Artemis: Dewi perburuan dan pelindung alam. Dia sering digambarkan dengan rusa atau anjing pemburu. Artemis merupakan saudara kembar Apollo dan padanan mitologi Romawinya adalah Diana.
  4. Ares: Dewa perang dan kekerasan. Meskipun kurang disukai oleh dewa lainnya, Ares dihormati oleh orang-orang Sparta yang menyumbangkan tawanan perang dalam pemujaannya. Padanan mitologi Romawinya adalah Mars.
  5. Apollo: Dewa seni, musik, kebijaksanaan, dan ramalan. Dia adalah putra Zeus dan memiliki peran penting sebagai pembawa pesan dewa-dewa. Oracle di Delphi adalah salah satu tempat di mana dia dihormati.
  6. Demeter: Dewi pertanian dan kesuburan. Dia adalah ibu dari Persephone yang diculik oleh Hades. Demeter terkait dengan Misteri Eleusinian, ritus keagamaan penting di Yunani.
  7. Dionysus: Dewa anggur, kesenangan, dan ekstase. Dia adalah putra Zeus yang terkenal dengan perayaan yang diwarnai minum anggur, tarian, dan pengorbanan ritual. Padanan Romawinya adalah Bacchus.
  8. Hades: Raja dunia bawah tanah dan dewa orang mati. Hades adalah salah satu dari sedikit dewa Yunani yang dianggap netral. Dia tidak memutuskan nasib jiwa-jiwa yang berada di dunianya, tetapi mengelolanya dengan licik.
  9. Hera: Dewi pernikahan, keluarga, dan kesetiaan. Hera adalah istri dan saudara perempuan Zeus. Meskipun ia sering kali marah, dia dengan keras membalas perselingkuhan suaminya dengan wanita lain. Padanan Romawinya adalah Juno.
  10. Hermes: Hermes adalah salah satu dewa yang memiliki banyak peran dalam mitologi Yunani. Dia adalah pelindung ternak dan berhubungan dengan kehidupan pastoral. Selain itu, Hermes juga terkait dengan kesuburan, musik, keberuntungan, dan kegiatan penipuan. Dalam Odyssey, dia digambarkan sebagai dewa yang membawa pesan. Dalam mitologi Romawi, Hermes setara dengan Merkurius.
  11. Poseidon: Poseidon dikenal sebagai dewa laut dalam mitologi Yunani, tetapi dia juga adalah dewa kuda dan gempa bumi. Meskipun dia terkait dengan lautan, dia juga memiliki pengaruh di daerah pedalaman. Poseidon memiliki beberapa anak yang unik. Salah satunya adalah Pegasus, kuda bersayap yang lahir dari Medusa. Dia juga merupakan ayah dari Cyclops bernama Polyphemus, yang dibutakan oleh Odysseus dalam Odyssey. Dalam mitologi Romawi, Poseidon diidentifikasi dengan Neptunus.
  12. Zeus: Zeus adalah dewa utama dalam panteon dewa Yunani. Dia menggulingkan ayahnya, Cronus, yang merupakan raja para Titan, dengan bantuan Hades dan Poseidon. Zeus memiliki peran penting dalam mengendalikan cuaca. Namun, dia terkenal karena perselingkuhan yang tak terhitung jumlahnya dengan saudara perempuan-istrinya, Hera. Salah satu hasil dari hubungannya dengan wanita yang cantik adalah Helen of Troy. Dalam mitologi Romawi, Zeus dikenal sebagai Jupiter.
Artikel Terkait

Terkini