Mana yang lebih sehat: mentega, margarin, minyak samin, atau mentega vegan?

Koridor.co.id

Ilustrasi mentega.
Ilustrasi mentega.

Mentega yang meleleh saat memanggang roti atau krim mentega pada ubi jalar yang dibumbui dengan kayu manis dan gula, atau rasa mentega yang dipanggang menjadi muffin favorit Anda. Kita menyukai mentega maupun alternatif penggantinya.

Untuk memilah-milah kebingungan dan memutuskan olesan mentega mana yang akan dimasukkan ke dalam keranjang belanja kita, mari kita bahas secara spesifik tentang mentega, margarin, minyak samin, dan mentega vegan.

Mentega

Mentega, lemak setengah padat yang umum dan beraroma ini dibuat dengan mengocok susu atau krim dan sering ditawarkan dalam bentuk stik. Ini adalah produk susu. Mentega memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, dengan 102 kalori, hampir 12 gram lemak, dan saat diasinkan, bisa mengandung lebih dari 80 gram natrium per sendok makan.

Mentega mengandung 7 gram lemak jenuh, atau 35% dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Mentega sebagian besar mengandung asam palmitat, lemak jenuh yang cenderung meningkatkan kolesterol serta kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Ingatlah bahwa ketika mentega disajikan dalam bola-bola kecil atau kotak, ukurannya mungkin berkisar dari satu sendok teh hingga dua sendok makan.

Margarin

Margarin, yang sering dijual di supermarket, biasanya dijual dalam tabung tetapi juga dapat dibeli dalam bentuk stik tidak mengandung susu sebagai bahan utamanya. Risiko serangan jantung dikatakan berkurang saat menggunakan margarin sebagai pengganti mentega. Sebaliknya, kombinasi air dan berbagai minyak nabati justru meningkatkan risikonya.

Margarin pernah menjadi sumber lemak “terhidrogenasi” sebagian atau seluruhnya karena proses pembuatannya yang dikenal sebagai hidrogenasi, yang melibatkan penambahan hidrogen ke dalam senyawa tak jenuh. Hal ini membuat margarin lebih padat pada suhu ruangan. Margarin dari proses hidrogenasi buruk untuk kesehatan, namun untungnya produk yang ada di pasaran saat ini jarang menggunakan proses hidrogenasi dalam pembuatannya.

Kandungan lemak dan kalori margarin dapat berkisar dari 35 kalori, 4 gram lemak total, dan 1 gram lemak hingga 70 kalori, 8 gram lemak total, dan 2,5 gram lemak jenuh per sendok makan. Selain itu, margarin tersedia dalam bentuk semprotan yang sangat rendah kalori dan cukup untuk melapisi popcorn segar, sayuran panggang glasir, atau melapisi wajan sebelum dimasak dengan api kecil hingga sedang.

Minyak Samin

Masakan India dan Timur Tengah terkenal karena menggunakan minyak samin. Mentega jenis ini dibuat dengan menghilangkan padatan susu dari mentega biasa dan hanya menyisakan lemak mentega cair. Minyak samin, jika digunakan untuk memasak dengan api besar seperti menumis, membakar, atau bahkan menggoreng akan menghasilkan produk mentega dengan titik asap yang lebih tinggi sekitar 375 derajat, lebih beraroma dan tahan lama.

Meskipun mungkin lebih baik jika digunakan untuk memasak dan memberi rasa, minyak samin memiliki lebih banyak kalori, lemak jenuh, dan lemak per sendok makan; sekitar 14 gram, 10 gram, dan 120 kalori. Jumlah ini 50% melebihi nilai harian yang direkomendasikan untuk lemak jenuh dalam satu sendok makan.

Mentega vegan

Ketersediaan makanan nabati yang begitu banyak area supermarket, memberikan pilihan bagi vegetarian maupun nonvegetarian. Pada 2014, ketika “Veganuary” didirikan di tengah pergeseran veganisme ke arus utama, mentega vegan bukanlah konsep yang asing. Kata “vegan” digunakan oleh banyak merek saat ini untuk mendapatkan popularitas di kalangan konsumen.

Mentega vegan dapat dibeli dalam tabung atau olesan, dan bisa dibuat dari kelapa, kedelai, kelapa sawit, kanola, rami, atau minyak zaitun. Sejumlah kecil protein dari kacang mete, oat, kacang paba, atau kacang polong sering ditambahkan ke dalam resep mentega vegan. Satu sendok makan mentega vegan mengandung 80 kalori, 8 gram lemak total, dan 4 gram lemak jenuh, hingga 100 kalori, 11 gram lemak total, dan 5 gram lemak jenuh.

Kesimpulan

Jumlah kalori, kandungan lemak, dan jenis yang ada adalah tiga faktor utama yang membedakan olesan mentega. Dibandingkan dengan mentega, margarin, dan mentega vegan, minyak samin memiliki kandungan tertinggi. Di sisi lain, jika dipilih dengan cermat, margarin bisa memiliki jumlah kandungan paling sedikit dibanding yang lainnya.

Untuk olesan mentega yang sehat, pilihlah margarin yang bahan utamanya adalah air dan minyak zaitun, minyak alpukat, minyak rami, dan/atau minyak canola. Dengan komponen-komponen penting ini, margarin akan menyediakan jenis lemak yang tepat untuk mendukung kesehatan jantung dan mungkin jumlah lemak dan kalori yang lebih rendah untuk membantu mengontrol berat badan.

*** disadur dari Eatthis.com

Artikel Terkait

Terkini