Konsep penjara terbuka, memangnya bisa?

Koridor.co.id

Ilustrasi dinding penjara yang bolong.

Setelah peristiwa kaburnya salah satu narapidana dari salah satu Penjara di Lincolnshire, Anda mungkin pernah mendengar istilah ‘penjara terbuka’ akhir-akhir ini.

Pelarian itu, Paul Robson, digambarkan sebagai penjahat seks yang sangat berbahaya. Robson diganjar hukuman seumur hidup karena kasus pemerkosaan dan penyerangan seksual pada tahun 2000, setelah menyerang seorang wanita di rumahnya di Oxford.

Robson hilang dari HMP North Sea Camp di Boston setelah melarikan diri pada pukul 7 pagi hari Minggu, 13 Januari 2023

Kembali pada bulan November 2022, penjara terbuka Derbyshire bernama HMP Sudbury juga menjadi berita utama, setelah empat narapidana dari Kategori D berhasil melarikan diri hanya dalam waktu satu bulan.

Lalu apa sebenarnya penjara terbuka itu?

Penjara terbuka memiliki keamanan yang lebih rendah dan pengawasan yang lebih sedikit daripada penjara tertutup. Singkatnya, ada lebih sedikit aturan. Orang yang berada di penjara terbuka, mungkin tidak akan dikurung sepanjang hari dan mereka mungkin memiliki kunci sel sendiri. Bahkan di dalam penjara terbuka, mereka mungkin bisa mengikuti lokakarya.

Beberapa orang di penjara terbuka mungkin diberi ‘Pembebasan dengan Izin Sementara’, yang berarti mereka dapat bekerja di luar penjara pada siang hari dan kembali pada malam hari. Beberapa orang mungkin diberi ‘Izin Sementara’ sehingga mereka dapat menghabiskan beberapa hari di rumah sebelum kembali ke penjara.

Tujuan dari penjara terbuka adalah membantu narapidana memulai hidup baru dan berintegrasi kembali ke dalam masyarakat saat hukuman mereka berakhir.

Narapidana, baik laki-laki maupun perempuan, yang digolongkan sebagai Kategori D diizinkan untuk menyelesaikan hukuman mereka di penjara terbuka.

Para tahanan di penjara terbuka harus dianggap berisiko rendah, karena jenis pelanggaran yang mereka lakukan, atau karena mereka dipercaya untuk tidak mencoba melarikan diri dari penjara.

Penjara terbuka juga menampung individu yang akan segera mengakhiri hukuman panjang – untuk semua jenis pelanggaran – dan telah diputuskan turun ke Kategori D dari status mereka sebelumnya.

Kategori narapidana apa saja yang ada di Inggris?

Ada berbagai kategori untuk tahanan pria dan wanita di Inggris dan Wales. Narapidana ditempatkan ke dalam kategori berdasarkan beberapa faktor di antaranya seberapa besar kemungkinan mereka keluar dari penjara, dan seberapa besar risiko mereka bagi publik jika mereka berhasil meloloskan diri.

Klasifikasi jenis tahanan juga mempertimbangkan seberapa besar risiko seorang tahanan terhadap ‘stabilitas’ penjara itu sendiri.

Untuk narapidana pria, kategori ini dibagi menjadi:

  • Kategori A: Narapidana yang sangat membahayakan masyarakat atau bahkan keamanan negara. Mereka ditahan di penjara tertutup dengan tingkat keamanan tertinggi.
  • Kategori B: adalah untuk orang-orang yang akan dikurung dalam waktu lama, atau yang perlu ditahan di tempat dengan keamanan tinggi, atau yang dikirim kembali ke penjara. tahanan kategori ini dikurung di penjara tertutup.
  • Kategori C: Narapidana dalam kategori ini dipercaya tidak mungkin (atau mampu) merencanakan pelarian, tetapi mereka masih terlalu berbahaya atau tidak dapat dipercaya untuk berada dalam penjara terbuka, sehingga mereka tetap berada di penjara tertutup.
  • Kategori D: Narapidana yang kemungkinan besar tidak akan mencoba melarikan diri dan dipercaya tidak akan melakukannya. Mereka bisa ditempatkan di penjara terbuka.

Narapidana wanita memiliki sistem yang serupa, tetapi memiliki sebutan yang berbeda:

  • Kategori A: Jarang sekali ada kasus tidak biasa dari seorang wanita sehingga termasuk dalam kategori ini. Tetapi sama dengan Kategori pria A, seorang wanita yang pelariannya akan membahayakan keamanan publik atau nasional membutuhkan penjara dengan tingkat keamanan tertinggi.
  • Status Terbatas: Ini untuk wanita yang telah dihukum dan wanita yang ditahan karena berisiko tinggi bagi publik dan perlu ditahan di penjara tertutup.
  • Tertutup: Kategori ini diperuntukkan bagi narapidana wanita yang tidak terlalu berbahaya dan tidak membutuhkan banyak pengamanan, namun tetap harus berada di area tertutup
  • Terbuka: Sama dengan kategori untuk pria, ini sama dengan Kategori D. Anda dapat mempercayai para tahanan kategori ini untuk berada di tempat terbuka.

Di Inggris dan Wales, anak muda yang sudah dianggap dewasa (berusia 18 hingga 21 tahun) dikategorikan dengan cara yang sama seperti wanita. Sementara itu, Skotlandia mengategorikan setiap narapidana ke dalam salah satu dari tiga tingkat pengawasan yang berbeda: tinggi, sedang, atau rendah.

Secara umum, narapidana dievaluasi ulang secara berkala untuk memastikan bahwa mereka ditempatkan dalam kategori yang sesuai. Ini terjadi setahun sekali (untuk hukuman yang lebih lama) atau setiap enam bulan (untuk hukuman yang lebih pendek), sebagaimana dinyatakan dalam posting blog di situs web gov.uk.

Namun, menurut blog yang sama, narapidana Kategori D yang ditempatkan di penjara terbuka tidak dinilai ulang secara teratur kecuali ada perubahan faktor risiko yang terkait dengan mereka.

*** disadur dari Metro UK.

Artikel Terkait

Terkini