Kisah-kisah misterius dari para penjelajah luar angkasa

Koridor.co.id

Ilustrasi penjelajah ruang angkasa.

Sama seperti para penjelajah kuno yang pernah berkelana ke pelosok Bumi mencari petualangan dan pengetahuan, para astronaut dalam misi penjelajahan ke bulan dan planet-planet kini telah berkelana ke pelosok tata surya kita untuk mengungkap misteri kosmos. Ibarat kisah-kisah suku dan negeri asing di zaman kuno yang berkembang makin fantastis setiap kali diulang-ulang, begitu juga kisah-kisah misi luar angkasa ini semakin lama semakin diselimuti misteri dan spekulasi.

Hari ini kita akan menyelidiki beberapa peristiwa aneh dan tidak masuk akal yang terjadi selama perjalanan beberapa misi luar angkasa dan teori-teori yang muncul untuk menjelaskannya.

1. Pertemuan Astronaut NASA dengan Alien.

Melvin dan astronaut lainnya mengamati suatu objek organik mirip alien mengambang di luar ruang muatan dalam perjalanan salah satu misi luar angkasanya. NASA berusaha menganggap objek tersebut sebagai es yang terlepas dari selang Freon, tetapi Melvin menggambarkan objek tersebut sebagai “tembus cahaya, tampak organik, dan melengkungā€¯. Melvin mencoba membagikan pengalamannya dengan men-tweet ke Scott Waring, pencipta blog populer UFO Sightings Daily.

Peristiwa ini menghidupkan kembali minat pada kemungkinan adanya kehidupan di luar bumi dan kemungkinan pertemuan dengan alien selama misi luar angkasa. Kisah yang secara langsung diceritakan Melvin, terlepas dari penjelasan NASA, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah ada lebih banyak cerita daripada yang diungkapkan secara resmi.

2. Pensiunan Astronaut Chris Hadfield mengisahkan momen menegangkan.

Dalam perjalanan ke stasiun luar angkasa Rusia MIR, pensiunan astronaut Chris Hadfield mengalami momen menakutkan yang akan membuat orang paling berani sekalipun berkeringat dingin. Hadfield adalah astronaut Kanada pertama yang berjalan di luar angkasa.

Saat kru semakin dekat ke stasiun, sensor pada pesawat ruang angkasa memberi mereka informasi yang berbeda. Hadfield mengatakan itu adalah momen yang sangat penting dan kesalahan kecil dapat menghancurkan seluruh misi dan membahayakan nyawa orang-orang di stasiun luar angkasa. Tapi Chris dan timnya bukanlah tipe orang yang menyerah saat menghadapi masalah.

Meskipun mereka tidak tahu harus berbuat apa, tim membuat keputusan cepat tanpa bantuan dari luar dan berlabuh dengan aman pada kecepatan yang tepat, menghindari potensi bencana.

3. Ketukan misterius di luar angkasa.

Yang Liwei, astronaut pertama China, mengalami kisah yang sangat menarik di luar angkasa. Dia mengungkapkan bahwa dia mendengar ketukan misterius di atas pesawat ruang angkasa Shenzhou 5. Suara itu berasal dari luar pesawat luar angkasa, seperti seseorang yang mengetuk pintu, dan itu bukan bagian normal dari cara kapal bekerja. Meski suaranya aneh, Liwei mengatakan hal itu tidak memengaruhi misi.

Liwei membuat lelucon lucu tentang pengalaman itu, mengatakan bahwa itu mungkin alien yang mencoba berbicara dengannya, tetapi dia tidak mengerti bahasa mereka. Penyebab suara ketukan tersebut masih menjadi misteri, namun hal itu membuat perjalanan Liwei ke luar angkasa semakin seru.

4. Makan malam Jerry Linenger terganggu kobaran api.

Ketika Jerry Linenger duduk menikmati makan malam yang tenang di stasiun luar angkasa Mir, dia tidak tahu bahwa mimpi buruk akan segera terjadi. Sebuah tangki bahan kimia terbakar menjadi api yang mengamuk dan menyebar ke stasiun. Linenger dan timnya tahu bahwa satu kesalahan bisa berarti perbedaan antara hidup dan mati, jadi mereka bertekad untuk tetap tenang dan fokus.

Sementara ketiga astronaut memadamkan api, tiga awak lainnya bersiap-siap untuk pergi jika terjadi keadaan darurat. Namun keadaan menjadi buruk karena salah satu dari dua kapal Soyuz terhalang oleh api, sehingga hanya tiga dari enam awak kapal yang berpeluang lolos. Setelah bekerja keras untuk memadamkan api selama 14 menit, mereka akhirnya bisa melakukannya.

5. Pesan rahasia Kelly tentang Alien

Tugas Scott Kelly selama 340 hari baru-baru ini di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) memicu kegembiraan di kalangan penggemar UFO karena mereka percaya astronaut itu mungkin diam-diam mencoba memberi tahu dunia tentang pertemuannya dengan alien. Sebuah video yang di-posting online mengatakan bahwa NASA dan Pemerintah AS berusaha menyembunyikan kebenaran, jadi Kelly mengungkapkannya dengan cerdik. Kelly mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa membiasakan diri dengan luar angkasa lebih mudah daripada membiasakan diri dengan Bumi, dan mungkin alien lebih mudah melakukannya daripada manusia.

Kelly juga berbicara tentang permainan realitas virtual yang dimainkan para astronaut ISS yang menyimulasikan serangan alien di stasiun luar angkasa. Beberapa orang yang tertarik dengan UFO mengira ini adalah tanda bahwa NASA mengetahui tentang alien dan sedang bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan bertemu dengan alien.

6. Bob Curbeam diselimuti amonia beracun.

Tujuan perjalanan ruang angkasa Bob Curbeam selama perjalanan shuttle Discovery ke ISS adalah memasang kembali sistem kelistrikan stasiun secara rutin. Tapi keadaan berubah menakutkan ketika saluran pendingin putus dan mengeluarkan amonia, bahan kimia beracun yang digunakan untuk mendinginkan stasiun, di seluruh pakaian antariksa Curbeam. Saat dia mencoba menghentikan aliran, amonia menutupi jasnya dan menjadi awan kabut beracun di ruang hampa udara. Seiring waktu yang hampir habis, dia mendorong perangkat pengunci dengan keras dan akhirnya menggunakan seluruh kekuatannya untuk menghentikan alirannya.

Kecelakaan itu merupakan pengingat yang jelas bahwa luar angkasa adalah tempat yang keras dan tak kenal ampun, bahkan astronaut paling berpengalaman dan terlatih pun tidak aman dari bahaya yang tidak terduga. Kisah Bob Curbeam menunjukkan betapa kuat dan cerdasnya orang-orang yang mempertaruhkan nyawanya untuk menjelajahi luar angkasa yang luas.

7. Astronot NASA ditinggalkan di Mars.

Randy Cramer mengatakan dia adalah bagian dari program militer rahasia yang mengirimnya ke Mars selama 17 tahun. Dia dan tentara lainnya dikirim untuk mendirikan koloni manusia dan melindunginya dari ancaman dari dunia lain. Dia menggambarkan lanskap Mars yang terjal namun terlihat indah, dengan pegunungan merah yang menjulang tinggi dan gurun yang luas.

Cramer juga mengatakan bahwa dia telah bertemu dengan spesies asing yang bersahabat dan yang berbahaya. Dia berbicara tentang fasilitas rahasia bawah tanah, teknologi canggih, dan bahkan perjalanan waktu. Meski cerita Cramer sangat kontroversial, namun tetap menarik perhatian orang.

8. Scott Parazynski dan risiko tersengat listrik.

Scott Parazynski menghadapi perjalanan luar angkasa berbahaya saat menyelamatkan ISS dari panel surya yang macet. Perjalanan itu menegangkan karena jarak dan potensi risiko berbahaya bagi dirinya sendiri. Jika ada hubungan logam-ke-logam dengan panel surya atau arcing, itu bisa menyetrumnya atau memicu kebakaran pakaian antariksanya yang penuh dengan oksigen.

Parazynski harus bekerja dengan alat bersekat khusus dan membungkus bagian logam pakaian antariksanya dengan semacam selotip untuk menghindari segala risiko.

9. Kepulangan Soyeon Yi yang Menegangkan.

Saat Soyeon Yi kembali ke Bumi dari ISS, pesawat ruang angkasa itu mulai turun, dan para kru segera menyadari bahwa mereka berada di luar jalur dan tidak tahu di mana mereka berada. Yi mengatakan pendaratannya sulit karena gravitasi menyulitkan awak kapal untuk turun dari kapal.

Para kru terjebak di bagian terpencil Kazakhstan tanpa cara apa pun untuk menghubungi Badan Antariksa Rusia kecuali melalui GPS dan telepon satelit di pesawat ruang angkasa. Itu seperti adegan dari film bertahan hidup, kecuali tidak banyaknya serangan beruang dan ada lebih banyak pakaian antariksa yang tersedia.

Meskipun itu adalah perjalanan yang menakutkan, itu adalah kisah yang tentu akan diceritakan selama bertahun-tahun kemudian. Siapa tahu, mungkin cicit Soyeon Yi akan tertawa saat melihat kembali kesalahannya di luar angkasa.

10. Astronaut mendengar musik aneh.

Para astronaut Apollo 10 sedang dalam misi mempersiapkan pendaratan bersejarah Apollo 11 di bulan, tetapi mereka mendengar sesuatu yang tidak mereka duga: musik dari planet lain. Pada tahun 1969, ketika para astronaut sedang mengelilingi bulan, mereka mendengar suara siulan aneh yang mereka sebut musik dari luar angkasa. Mereka yakin sekali bahwa itu adalah simfoni dari planet lain dan percaya bahwa mereka bukanlah orang-orang pertama yang mendengarnya.

Suara siulan tersebut ternyata disebabkan oleh radio VHF kedua kendaraan yang saling mengganggu. Meskipun para astronaut sedih, mereka sekarang memiliki cerita yang bagus untuk diceritakan kepada cucu-cucu mereka. Meskipun mereka tidak menemukan alien, mereka menemukan suara yang bagus di luar angkasa: gangguan radio.

*** disadur dari List Verse.

Artikel Terkait

Terkini