IMAX Corporation dan Cinema 21 menandatangani perjanjian kerja sama baru untuk sepuluh bioskop

Koridor.co.id

Tampilan depan teater IMAX di malam hari dengan lampu neon. Teater IMAX baru dibuka pada tahun 1999 dan sebelumnya bangunan ini adalah teater Art Deco Esquire yang dibangun pada tahun 1940-an. (Foto: imageAllan/Shutterstock.com)

IMAX telah menandatangani kesepakatan multi-teater dengan Cinema 21, jaringan bioskop terbesar di Indonesia, untuk sepuluh layar raksasa baru yang dilengkapi sistem proyeksi laser.

Melalui perjanjian ini, IMAX memperluas kemitraannya dengan Cinema 21 yang telah dimulai sejak tahun 2012. Empat layar bioskop baru akan berlokasi di pusat perbelanjaan komersial di Bandung, Denpasar, Jawa Barat dan Jakarta, dengan enam bioskop lainnya akan diluncurkan pada tahun 2027.

“Sebagai negara terpadat keempat di dunia dan rumah bagi penonton bioskop yang berkembang pesat, Indonesia adalah pasar menjanjikan untuk IMAX dan kami sangat bersemangat untuk memperdalam komitmen kami terhadap pasar ini dengan mitra kelas dunia seperti Cinema XXI,” kata Richard Gelfond, CEO Imax, dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian kerja sama ini menyusul setelah IMAX merilis film Indonesia pertamanya, “Pengabdi Setan: Communion”. Film horor dan sekuel film “Pengabdi Setan (2017)” karya sutradara Joko Anwar ini menjadi film lokal Asia Selatan pertama yang menggunakan teknologi IMAX.

“Sebagai jaringan bioskop yang mengutamakan konsumen, Cinema XXI secara konsisten berinvestasi dalam teknologi hiburan kelas dunia, dan kami berkomitmen untuk menawarkan teknologi dan pengalaman mutakhir bagi pemirsa setia kami untuk lebih memperkuat posisi pasar kami sebagai jaringan bioskop terbesar di Indonesia,” kata Suryo Suherman, ketua eksekutif Cinema 21, dalam sebuah pernyataan.

IMAX saat ini memiliki sekitar 1.703 layar, sebagian besar dalam multipleks komersial, dan beroperasi di 87 negara dan wilayah. IMAX juga memiliki sembilan layar di jaringan Cinema 21, dengan satu layar masih dalam proses.

Sementara itu hingga akhir tahun 2022, Cinema 21 telah memiliki 1.216 layar di 225 bioskop yang berlokasi di 55 kota berbeda di seluruh Indonesia.

*** disadur dari Hollywood Reporter.

Artikel Terkait

Terkini