Diet Bebas Gluten: Apa dan Untuk Siapa?

Koridor.co.id

Ilustrasi makanan bebas gluten.
Ilustrasi makanan bebas gluten.

Apa itu diet bebas gluten?

Diet bebas gluten adalah diet yang tidak memperbolehkan makanan yang mengandung gluten, yaitu protein yang terdapat pada gandum dan beberapa biji-bijian lainnya. Ini berarti hanya mengonsumsi makanan utuh yang tidak mengandung gluten, seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan telur, serta makanan olahan bebas gluten seperti roti atau pasta bebas gluten.

“Gluten adalah protein yang secara alami terdapat pada beberapa makanan, tetapi juga dapat ditambahkan pada makanan selama proses pengolahan untuk tekstur,” jelas Rajagopal, dokter spesialis penyakit dalam dan obesitas. Gluten sering digunakan sebagai bahan pengikat dan perasa, sehingga bisa ditemukan pada makanan yang tidak Anda duga. Selain makanan seperti pizza, pasta, sereal, dan produk roti, gluten juga dapat terdapat pada segala sesuatu mulai dari saus kedelai dan es krim hingga beberapa obat-obatan, produk kecantikan, dan suplemen diet.

Beberapa orang mengira bahwa diet bebas gluten berarti tidak boleh makan karbohidrat, tetapi ini tidaklah benar. Banyak makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, kentang, dan kacang-kacangan, tidak mengandung gluten.

Siapa yang seharusnya menerapkan diet bebas gluten?

Orang dengan penyakit celiac

Diet bebas gluten diperlukan bagi orang dengan penyakit celiac, yaitu respons autoimun terhadap gluten yang menyebabkan tubuh menyerang usus halus sehingga menyebabkan nyeri perut, mual, kembung, atau diare. Orang dengan penyakit celiac tidak dapat mentoleransi gluten dalam bentuk apa pun, dan perlu mengikuti diet bebas gluten seumur hidup mereka. Jika Anda memiliki penyakit celiac dan secara tidak sengaja mengonsumsi gluten, Anda kemungkinan akan mengalami gejala yang sama seperti sebelum Anda menerapkan diet bebas gluten.

Orang yang sensitif terhadap gluten

Kondisi lain yang mungkin mendorong seseorang untuk melakukan diet bebas gluten adalah sensitivitas gluten non-celiac, juga disebut intoleransi gluten. “Kita tidak memiliki definisi yang jelas untuk intoleransi gluten atau cara yang jelas untuk menjelaskannya,” kata Rajagopal. “Kita hanya tahu bahwa ada orang makan sesuatu yang mengandung gluten dan kemudian mereka merasa tidak sehat,” jelasnya.

Penting untuk tidak berasumsi bahwa iritasi saluran pencernaan disebabkan oleh gluten. Jika Anda mengira Anda mungkin memiliki intoleransi gluten, Rajagopal merekomendasikan konsultasi dengan dokter dan ahli gizi terdaftar untuk mencari tahu penyebab dari gejala Anda.

“Tidak ada tes untuk intoleransi gluten, jadi kita mungkin mencoba proses eliminasi seperti diet rendah FODMAP,” kata Rajagopal. Ini adalah rencana makan sementara yang menghilangkan banyak makanan yang dapat merangsang usus, termasuk produk berbasis gandum. Jika gluten adalah sumber iritasi, Anda mungkin mengalami gejala seperti: kembung, kesulitan buang air besar ataupun diare, kelelahan, kelebihan gas di perut, dan nyeri perut.

Orang-orang yang alergi terhadap gandum

Gandum memicu respons imun dalam tubuh mereka, yang dapat menyebabkan gejala seperti ruam kulit, sakit kepala, atau bersin. Mereka masih bisa makan gluten dalam biji-bijian lain, termasuk barley dan rye.

Apakah bisa mengonsumsi makanan bebas gluten untuk menurunkan berat badan?

Orang yang menjalankan diet bebas gluten sering kali kehilangan berat badan, tetapi biasanya karena mereka juga mengurangi banyak makanan olahan dan karbohidrat yang mengandung gluten. Jika Anda berhenti mengonsumsi gluten untuk menurunkan berat badan, penting untuk memperhatikan porsi Anda, berolahraga secara teratur, dan makan banyak makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, dan protein rendah lemak.

Apakah ada risiko mencoba diet bebas gluten jika Anda tidak memiliki penyakit celiac?

Jika Anda menghilangkan semua gluten dari diet Anda, ada risiko bahwa Anda kehilangan nutrisi yang kaya, serat, dan mikronutrien dari biji-bijian utuh. Mendapatkan cukup biji-bijian utuh dalam diet Anda sangat penting, terutama jika Anda berisiko terkena penyakit jantung atau diabetes. Biji-bijian utuh dapat menurunkan kadar kolesterol dan bahkan membantu mengatur gula darah Anda. Selain itu, beberapa makanan yang mengandung gluten adalah sumber vitamin dan mineral penting, seperti vitamin B, zat besi, dan magnesium.

Perlu diingat bahwa beberapa makanan olahan bebas gluten mengandung jumlah bahan yang tidak sehat seperti natrium, gula, dan lemak yang tinggi. Mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan, fluktuasi gula darah, tekanan darah tinggi, dan masalah lainnya. Jadi, makanan dengan label bebas gluten tidak selalu berarti makanan sehat.

Jika Anda tidak memiliki penyakit celiac atau iritasi saluran pencernaan, Rajagopal menyarankan untuk menghapus makanan olahan dari diet Anda sebelum menghilangkan gluten. Tambahkan lebih banyak buah-buahan, sayuran, roti atau pasta biji-bijian utuh, dan protein rendah lemak. Banyak orang merasa lebih baik hanya dengan makan lebih sehat, bukan dengan menghilangkan gluten.

Bagaimana cara memulai diet bebas gluten?

Jika Anda tertarik mencoba diet bebas gluten, bicaralah dengan dokter atau ahli gizi terdaftar. Mereka dapat membantu Anda menuju rencana makan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan gizi Anda.

Tips diet jika Anda memiliki penyakit celiac:

  • Periksa peringatan pada kemasan. Banyak produk bebas gluten mungkin telah diproses di fasilitas produk yang mengandung gluten.
  • Jaga alat dapur, piring, dan peralatan makanan lain yang digunakan untuk makanan yang mengandung gluten supaya terpisah dari alat dapur Anda yang lain.
  • Baca label bahan makanan dengan hati-hati untuk memeriksa apakah makanan tersebut mengandung gandum. Beberapa pewarna buatan dan bumbu juga mengandung gluten.
  • Ganti tepung terigu dengan oat, buckwheat, quinoa, atau tepung biji-bijian alternatif bebas gluten.

*** disadur dari Hopkins Medicine.

Artikel Terkait

Terkini