Pemerintah Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Libya

Koridor.co.id

Para petugas sedang menyusun barang bantuan dukungan logistik dari Pemerintah Indonesia di dalam pesawat yang akan membawa ke Libya dari Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, Selasa (2/10) dini hari.(Foto: BNPB)

Jakarta, Koridor.co.id – Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Libya dalam rangka penanggulangan bencana banjir yang menerjang wilayah Libya pada bulan September lalu.

Pengiriman bantuan kemanusiaan dilakukan pada Senin (2/10) dini hari melalui Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Proses pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin oleh Plt. Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Sorni Paskah Daeli.

Bentuk Kepedulian Negara Sahabat

Dalam sambutannya Sorni mengatakan Pemerintah Indonesia sepakat untuk mengirimkan bantuan kepada Pemerintah Libya sebagai bentuk kepedulian dan kemanusiaan antar negara sahabat.

“Melihat besarnya kerugian akibat dampak banjir tersebut, maka pemerintah Indonesia sebagai salah satu negara sahabat Libya turut serta meringankan penderitaan saudara-saudara kita di sana,” kata Sorni.

Bantuan ini, jelas dia, adalah salah satu komitmen pemerintah Indonesia terhadap nilai kemanusiaan dalam ketahanan bencana.

“Penanggulangan bencana adalah urusan bersama, perlu kolaborasi multipihak,” lanjutnya.

Soni juga menyebutkan banjir Libya bisa menjadi pengingat agar Indonesia selalu meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Bantuan Logistik untuk Banjir Libya

Bantuan kemanusiaan kali ini berupa bantuan logistik pemenuhan kebutuhan saat banjir melanda.

“Pemerintah mengirimkan 27 jenis bantuan logistik dengan berat lebih dari 46 ton senilai lebih dari 13,9 milyar,” ucapnya.

Bantuan logistik tersebut perinciannya berupa 5 unit tenda pengungsi, 100 unit tenda keluarga, 50 unit genset, 1.000 unit velbed, dan 500 lembar matras, 1.250 paket peralatan kebersihan, 5.000 set pakaian anak , 2.500 buah pakaian dewasa, dan lain sebagainya.

Pemerintah tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada kementerian dan lembaga yang terlibat dalam pengiriman bantuan kemanusiaan ini.

Harapannya dengan pengiriman bantuan ini dapat mempererat hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Libya serta bermanfaat bagi masyarakat dan Pemerintah Libya.

Delegasi pengiriman bantuan kemanusiaan bagi Libya dipimpin langsung oleh Sekretaris Utama BNPB Rustian dan beranggotakan perwakilan dari kementerian dan lembaga terkait.

Penyerahan bantuan rencananya akan dilakukan di Bandara Internasional Benina, Benghazi, Libya yang akan diterima oleh pejabat pemerintah Libya. (Pizaro Gozali Idrus)

Artikel Terkait

Terkini