Jepang Kembali Lepaskan Limbah Radioaktif dari PLTN Fukushima

Koridor.co.id

PLTN Fukushima. (Foto: Anadolu)

Tokyo, Koridor.co.id – Jepang pada Kamis (4/10) mulai melepaskan gelombang kedua air limbah radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi ke Samudera Pasifik.

Pelepasan tahap kedua akan berlanjut hingga 23 Oktober, menurut Yonhap News.

Operator pembangkit listrik tersebut, Tokyo Electric Power Company (Tepco), mengatakan pihaknya berencana untuk mengeluarkan sekitar 460 ton air limbah radioaktif olahan setiap hari sekitar 1 kilometer lepas pantai melalui terowongan bawah air.

Menurut pengukuran terbaru yang dilakukan oleh Tepco, konsentrasi tritium ditemukan antara 63 dan 87 becquerel per liter.

Ini jauh di bawah standar pelepasan lingkungan Jepang sebesar 60.000 becquerel per liter dan batas Tepco sendiri sebesar 1.500 becquerel.

Tepco mulai melepaskan air radioaktif yang telah diolah dari pabriknya pada 24 Agustus, yang memicu reaksi keras dari China dan partai oposisi di Korea Selatan dan negara Kepulauan Solomon.

Seorang nelayan di Fukushima yang tidak menyebutkan nama mengatakan “Jika ada masalah dengan pelepasan air, ini berdampak langsung pada kami. Dalam hal itu, kami selalu khawatir.”

China melarang seluruh impor bahan makanan laut Jepang, sehingga sangat merugikan produsen dan eksportir bahan makanan laut Jepang.

Sekira 1,34 juta ton air limbah radioaktif tersimpan di dalam sekira 1.000 tangki di PLTN tersebut. Jumlah tersebut terakumulasi sejak PLTN Fukushima lumpuh akibat gempa kuat dan tsunami pada tahun 2011. (Pizaro Gozali Idrus)

Artikel Terkait

Terkini