Kering Ekstrem Berlalu, Supertopan Doksuri Datang di Filipina Utara, Dua Tewas, 16 Ribu Pengungsi

Koridor.co.id

Peta Perjalanan Topan Super Doksuri-Foto: Accu Weather.
Peta Perjalanan Topan Super Doksuri-Foto: Accu Weather.

Jakarta, Koridor.co.id -Ada siklon tropis paling super di kawasan Asia Tenggara yang kerap menimbulkan petaka, namanya Topan Doksuri. Topan berkecepatan 175 kilometer per jam, dengan hembusan 240 kilometer per jam bersama hujan itu, menerjang pantai dan gugusan pulau di kawasan Filipina Utara, Rabu, 25 Juli 2023.

Akibat petaka ini dua orang tewas dan 16 ribu orang mengungsi saat Doksuri menerbangkan atap rumah-rumah perdesaan. Sementara hujannya  membanjiri desa-desa di dataran rendah dan menumbangkan pohon,

Otoritas Filipina menyampaikan topan menghantam Pulau Fuga sebelum fajar dan kemudian menghantam pulau lain di Provinsi Cagayan.  

Mereka termasuk di antara puluhan ribu orang di provinsi utara yang terkena dampak banjir  yang menjadi tempat menjadi jalur Topan dan hujan sepanjang 700 kilometer.

Dua orang yang tewas itu, seorang penduduk berusia 17 tahun, di kota pegunungan utara Baguio. Hujan lebat mendorong gundukan tanah besar menghantam dan mengubur rumahnya.

Sedangkan di Provinsi Isabela, juga di utara, seorang wanita tua yang menjual roti di gerobak sepeda meninggal ketika kepalanya tertimpa pohon kelapa. Pohon itu tiba-tiba tumbang karena angin kencang yang dihembuskan topan.

Gubernur Cagayan Manuel Mamba kepada The Associated Press mengatakan Doksuri meremukan kota-kota pesisir.

“Saya menerima laporan tentang atap seng yang tertiup angin dan banjir yang tidak dapat mengalir keluar mungkin karena gelombang pasang yang datang dari laut,” kata Mamba kepada AP News dan Bloomberg

Pertanian Porak Poranda

Mamba khawatir akan ada kerusakan luas pada pertanian jagung dan padi di lembah Cagayan. Musim kering hebat selama berbulan-bulan sudah menghancurkan pertanian selama berbulan-bulan dan topan menghajarnya.

Sedikitnya empat kota kehilangan aliran listrik karena serangan gencar dan enam jembatan tidak dapat dilalui karena banjir, kata pejabat Cagayan dalam laporan kerusakan awal.

Topan Doksuri menyebabkan banjir, memicu tanah longsor dan memutus aliran listrik di Filipina utara.  Otoritas melaporkan  ribuan orang masih terdampar di pelabuhan atau jalan yang terhalang oleh puing-puing.

Sebanyak 180 ribu warga Filipina berada dalam penderitaan. Lusinan kota  berada tanpa listrik. Namun topan itu sudah menjauh dari Filipina.

Proyeksi: Doksuri Singgah di Taiwan dan Tiongkok

Tapi dinas cuaca memproyeksi bahwa Doksuri akan singgah dengan kecepatan  dan hembusan di Tiongkok dan Taiwan,  Pihak berwenang sedang mempersiapkan pertahanan terhadap badai tersebut.

Di Taiwan, topan menyebabkan pembatalan hampir 50 penerbangan domestik dan empat penerbangan internasional. Pihak berwenang mengeluarkan peringatan darat untuk beberapa wilayah di Taiwan selatan, termasuk kota pelabuhan utama Kaohsiung.

Sementara itu, China meningkatkan tanggap daruratnya ke Level II dari Level III, dengan Pusat Meteorologi Nasional menaikkan peringatan topan menjadi merah, level penasehat tertinggi.

DW melaporkan Doksuri diperkirakan bergerak ke barat laut dan memasuki bagian timur laut Laut China Selatan sebelum mendarat di  Tiongkok Tenggara akhir pekan ini.

Tropis kuat ini melanda beberapa negara di Asia pada September 2017. Topan ini merupakan siklon tropis paling kuat yang melanda Vietnam dalam satu dekade dan menyebabkan kerusakan dan korban jiwa yang cukup signifikan (Irvan Sjafari).

Artikel Terkait

Terkini