Konflik gajah vs manusia terjadi di Aceh dan Riau sepanjang Februari 2023

Koridor.co.id

Ilustrasi-Foto: UGM.

“Bukan gajah yang masuk kebun dan desa Bapak, tetapi desa dan kebun Bapak yang berada di rumah gajah.” Pernyataan itu dilontarkan Tenaga Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau Afni Zulkifli dalam TikTok afni.z,  pada 13 Februari 2023.

Afni geram karena beberapa warga yang kerap berkonflik dengan gajah, menuding hewan ini kerap merusak kampung dan kebun. Justru warga yang keliru memahami fakta tersebut. “Puluhan tahun gajah berjalan melalui  jalur yang sama. Jalur itulah yang terhalang karena menjadi perkebunan dan permukiman.”

Pada Februari 2023 ini  terjadi ketegangan antara gajah dan manusia  di beberapa daerah di kawasan Riau, seperi di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Tim BKSDA Riau mengajak masyarakat untuk melakukan penggiringan satwa gajah liar, namun ditolak masyarakat hingga terjadi perdebatan.

Kendati mendapat penolakan dari masyarakat, namun Tim tetap melakukan pengaman terhadap satwa liar yang dilindungi UU dengan melakukan jaga malam bersama beberapa masyarakat pemilik kebun, sekaligus membuat blokade agar gajah tidak memasuki kebun warga.

Memasuki 2023 ini konflik antara gajah dan manusia  di berapa kawasan di Sumatera masih terjadi. Yang paling anyar terjadi pada Februari 2023, seorang petani wanita bernama Fitriani (45) meninggal dunia diinjak oleh kawanan gajah liar di kebun miliknya di Desa Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Perempuan itu diserang gajah liar saat berada di dalam gubuk. Ketika ditemukan suaminya, kondisinya mengenaskan, kepala korban terpisah dengan badannya yang remuk hingga ke tulang-tulang.

Korban di pihak gajah juga berjatuhan. Pada 14 Februari 2023, seekor gajah berusia 43 tahun, bernama Dwiki menghembuskan napas terakhirnya, Dwiki selama ini, menghuni di Kamp Konservasi Gajah Aek Nauli (ANECC), Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

“Namun kondisinya semakin melemah. Kondisinya tidak tertolong lagi,” ucap Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut Rudianto Saragih Napitu, dalam keterangan tertulis, Jumat 17 Februari 2023.

Gajah jantan ini, dipindahkan Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) pada 18 Desember 2022. Ada sejumlah BNWS gajah mati. Dwiki dipindahkan bersama gajah betina bernama Dini, berusia 35 tahun.

Dwiki, menjadi korban ke-4 gajah sumatera yang mati akibat krisis penanganan di Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Setelah dua bulan gajah itu dipindahkan dari BNWS ke Kamp Konservasi Gajah Aek Nauli (Aek Nauli Elephant Conservation Camp/ANECC) di Kabupaten Simalungun, gajah itu akhirnya mati. Sebelumnya, dua gajah dipindahkan ke ANECC untuk mengurangi beban operasional BNWS

Staf pengajar  dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM  Wisnu Nurcahyo  membenarkan akhir-akhir ini habitat terganggu oleh aktivitas manusia. Padahal gajah punya wilayah untuk mereka mencari makan,  mencari minum, mencari tempat mandi. 

“Insting itu bertahun-tahun dimiliki gajah. Kalau nggak diganggu gajah itu baik-baik saja. Dalam hal ini masyarakatlah yang mengganggu habitat gajah,” ujar Wisnu Nurcahyo kepada Koridor, 19 Februari 2023.

Artikel Terkait

Terkini