Bukan hanya ikan paus spesies laut yang kerap mati terdampar di pantai. Ikan pari juga demikian

Koridor.co.id

ilustrasi-Foto: Shutterstock.

Pada 11 April 2023, pagi hari  lusinan  ikan pari  ditemukan mati di pantai di Rio de Janeiro. Nelayan setempat melaporkan penampakan pertama.  Seorang wanita yang tinggal di desa nelayan mengatakan dia melihat kejadian itu tak lama setelah fajar, yang mendorong kedatangan burung nasar, pemakan bangkai.

“Ini membuat kami semua sedih. Kami belum pernah melihat kematian ikan pari seperti ini di sini,” kata nelayan Renato dos Reis Oliveira.

Ahli biologi Ricardo Gomes, dari Institut Mar Urbano menduga  tidak adanya spesies mati lainnya di pantai. Hal ini menunjukkan peristiwa ini  kemungkinan besar bukan disebabkan oleh polutan atau kekurangan oksigen dalam air.

Gomes menuding keberadaan pukat menjadi latar belakang kematian ikan pari. Pukat adalah teknik memancing yang melibatkan menarik jaring melalui air di belakang satu atau lebih perahu.

“Ini bukan tempat (ikan pari alami), jadi ini aneh bahkan bagi orang-orang yang ada di sini dan hidup dari menangkap ikan. Sesuatu yang sangat buruk terjadi, ” kata Isabeli Delois, aktivis lingkungan dikutip dalam https://www.reuters.com/world/americas/dozens-dead-stingrays-found-brazil-beach-2023-04-11/

Ini bukan kejadian pertama. Sepuluh tahun lalu, Juli 2013 dilaporkan sedikitnya 250 ikan pari mati ‘bertebaran’  secara misterius di pinggir Pantai Chachalacas di Kota Ursulo Galvan, Mexico.

Seperti dilansirhttps://www.theguardian.com/world/2013/jul/17/stringray-deaths-mexico-chachalacas-beach, warga dan pengunjung yang pertama kali melihat ratusan bangkai ikan pari di pantai Chachalacas itu kemudian memposting foto yang mereka ambil tentang bangkai ikan pari yang ‘bertebaran’ di media sosial.

Keberadaaan bangkai ikan pari di pantai itu juga tetap membahayakan bagi turis, karena meskipun telah mati namun sengatan yang dihasilkan mereka tetap kuat.

Di restoran-restoran di kawasan Veracruz, ikan pari menjadi salah satu bahan dasar untuk kudapan. Bagian sayap ikan pari yang biasanya mereka olah.

Pihak berwenang Meksiko menyelidiki kematian sedikitnya 250 ikan pari yang ditemukan di sebuah pantai di pantai Teluk negara bagian Veracruz. Namun belum bisa mengungkapkan apa yang terjadi.

Sebulan sebelumnya puluhan ikan pari Mobula dilaporkan mati secara misterius terdampar di pantai Gaza. Warga, yang masih penuh tanda tanya dengan derai tawa, mengumpulkan dan membawa ikan yang jarang mereka jumpai itu ke pasar setempat.  Pada waktu itu kematian masal itu belum terungkap.

Artikel Terkait

Terkini